Status Masih Waspada Level II, Warga Dilarang Beraktivitas di Kaki Gunung Kerinci

Gunung Kerinci
Portaljambi.com, KERINCI - Melihat aktifitas gunung kerinci yang terus mengeluarkan asap tebal, pihak kecamatan Kayu Aro Barat mengimbau warganya untuk tidak beraktifias di ladang yang dekat dengan Gunung Kerinci.

"Karena daerah kita yang paling dekat dengan Gunung Kerinci. Saya sudah imbau kepala desa dan warga agar tidak membuka ladang di kawasan dekat Gunung Kerinci. Karena jarak kita hanya 7-8 kilometer," kata Camat Kayu Aro Barat, Agus Subagio siang Kemarin (17/4).

Agus yang juga tinggal di Kersik Tuo ini mengatakan hampir setiap hari Gunung Kerinci menyemburkan asap hitam. Untuk itu ia mengingatkan warga ataupun petani ladang yang terkena asap beracun tersebut agar segera melaporkan. "Yang kita ragu saat ini asap beracun. Saya sudah ingatkan kades kalau ada warga yang terkena segera lapor, tapi saat ini belum ada yang melaporkan," ungkapnya

Sementara menurut petugas pemantauan Gunung Kerinci di R10, Indra mengatakan hingga Kemarin (17/4) Gunung Kerinci masih mengeluarkan asap hitam, meskipun sebagian tertutup awan.

Ia menyebutkan minggu dini hari (17/4) sekitar jam 01.30 wib sempat terdengar sekali dentuman keras dari Gunung Kerinci. Namun saat ini status Gunung Kerinci masih waspada level II. "Iya tengah malam sempat ada dentuman dari Gunung Kerinci, tapi sekarang masih normal atau waspada," katanya.


Sumber : Tribunjambi.com