Gubernur Jambi Fachrori Tinjau Pembangunan PLTA Batang Merangin Kerinci


KERINCI,PJ - Untuk mendorong pemenuhan kebutuhan listrik Provinsi Jambi, dalam Kunjungan Kerjanya (Kunker) ke Kerinci, Gubernur Jambi Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum langsung turun ke lokasi untuk mengetahui kemajuan dan perkembangan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Dusun Bedeng Lima, Desa Batang Merangin Kabupaten Kerinci, yang sedang dikerjakan oleh PT. Bukaka Teknik Utama, Tbk, Kamis (27/02/2020) sore.
Selain didampingi para OPD dari Pemerintah Provinsi Jambi, Gubernur juga didampingi Wakil Bupati Kerinci, Ami Taher, Plt Sekda Kerinci Gasdinul Gazam, dan beberapa orang anggota DPRD Kabupaten Kerinci.
Gubernur mendapat penjelasan dari pihak PT. Bukaka Teknik Utama tentang cara kerja bagian air yang akan dialirkan, pengeboran cara menghasilkan tenaga air, sampai tentang pengaliran listrik yang terjadi secara bertahap, dan setelah PLTA ini disurvei pihak PLN, debit air Batang Merangin bisa menghasilkan 350 Mega Watt, PLTA yang berada di Desa Batang Merangin ini memiliki kapasitas sebesar 4 x 87,5 MW (megawatt), energi yang dihasilkan per tahun sebesar 1.280 Giga Watt hour (GWh), pembangkit yang direncanakkan beroperasi secara komersial (COD) pada 2025 ini akan memasok listrik ke sistem hu bagian selatan tengah yang diatur oleh PLN Pusat Pengaturan Beban Sumatera.
Sebelumnya, aktivitas pekerjaan PLTA Batang Merangin ini sempat terhenti, karena ada beberapa rekomendasi dari PLN kepada pengelola PLTA untuk mengubah desain, karena PLTA pada waktu itu hanya mengerjakan daya 150 Mega Watt, namun setelah disurvei pihak PLN bisa menghasilkan 350 Mega Watt. ‘’Jadi, untuk kebutuhan listrik di Provinsi Jambi bisa terpenuhi, bahkan Provinsi tetangga bisa dialiri dengan daya 350 Mega Watt,’’ ujar Gubernur Fachrori.
Fachrori melihat langsung pengerjaan fisik PLTA yang dibangun, banyak alat-alat yang sudah terpasang dan jalan menuju pengeboran sudah dibuat. ‘’Saya juga minta agar pihak PLTA yang sedang mengerjakan pembangunan untuk memaksimalkan tenaga kerja lokal sehingga terbuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat,’’ kata Fachrori.
Usai meninjau PLTA Batang Merangin Kerinci, Gubernur dan rombongan menuju Kabupaten Merangin bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Tahfizhil Qur’an Lebayyasin, Desa Titian Teras Kecamatan Batang Masumai Kabupaten Merangin.

SUMBER: ENEWSTIME.CO