Jalan Rusak Parah, Desa Tanah Garo Tebo Terancam Terisolir


Tebo,- Kondisi jalan utama penghubung Desa Tanah Garo, Kecamatan Muara Tabir, Kabupaten Tebo, kian hari bertambah rusak. Kondosi tersebut sangat dikeluhkan oleh penguna jalan maupun warga sekitar. Pasalnya  jalan tersebut sangat sulit dilalui kendaraan.

Jalan yang kondisinya berupa tanah dan sedikit pengerasan itu tambah parah setelah hujan beberapa pekan mengguyur. Selain itu, warga kesulitan mengangkut hasil kebun mereka ke luar desa akibat jalan tidak bisa dilalui kendaraan.
Salah seorang warga, Muslim mengatakan, warga sekitar telah berupaya bergotong-royong memperbaiki kerusakan jalan. Namun akibat hujan terus mengguyur serta material yang tidak tersedia, membuat upaya warga sia-sia.

“Kalau kendaraan roda dua dan mobil double cabin bisa keluar masuk meski dengan susah payah. Tapi kalau kendaraan pengangkut bahan pokok tersangkut dan pedagang pilih putar balik. Akibatnya, warga desa kami kesulitan mendapatkan kebutuhan pokok,” ujar Muslimin.

"Warga kami juga kesulitan mengakut hasil kebun berupa karet dan sawit. Karena jalannya tidak bisa dilalui kendaraan. Apalagi kalau sudah turun hujan, kondisi jalan semakin rusak dan hancur," kata dia lagi.

Muslim berkata, beberapa waktu lalu Bupati Tebo, Sukandar berkunjung ke Desa Tanah Garo untuk menggelar pasta Buah-buahan Hutan di kawasan Temenggung Ngadap.
Saat itu, ujar dia, Bupati berjanji akan mengalokasikan dana tanggap darurat sebesar Rp 1 miliar untuk perbaikan titik-titik jalan yang rusak dengan cara pengerasan.

"Kapan bisa perbaikan jalan kami ini dipercepat. Karena kondisinya sudah sangat urgens. Kalau tidak disegerakan, desa kami bisa terisolir karena akses jalan penghubung satu-satunya rusak parah," harap Muslim.
Diketahui, beberapa waktu lalu Bupati Tebo, Sukandar telah mengintruksikan Dinas PUPR Tebo untuk memperbaiki titik-titik jalan rusak menuju Desa Tanah Garo. Intruksi tersebut langsung disampaikan kepada Kadis PUPR Tebo, Erwanto saat bupati istirahat di rumah salah seorang warga Desa Tanah Garo sebelum melakukan perjalanan menuju kawasan hutan Suku Anak Dalam (SAD) Kelompok Temenggung Ngadap, tepatnya di Sungkai Lubuk Dalam, Desa Tanah Garo, Kecamatan Muara Tabir - Tebo.

Informasi yang dirangkum PORTALTEBO.id, tahun 2020 ini Pemkab Tebo kembali melanjutkan pembangunan jalan cor beton menuju Desa Tanah Garo. Dana yang dialokasikan lebih dari Rp 11 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat.

"Target kita, 3 tahun kedepan akses jalan ke Desa Tanah Garo sudah selesai dibangun. Jalannya harus di cor karena kondosi tanahnya labil dan sering terendam banjir. Yang jelas jalan ke Tanah Garo sudah menjadi prioritas kita," kata Sukandar beberapa waktu lalu. (red/Portaltebo.id)