Malaysia Lockdown, Indonesia Siagakan Kapal Perang untuk Jemput TKI


Malaysia Lockdown, Indonesia Siagakan Kapal Perang untuk Jemput TKI

Berita Malaysia- TNI menyiagakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) di perairan Batam, Kepulauan Riau yang siap digerakkan jika sewaktu-waktu butuh untuk mengevakuasi pekerja migran atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia yang terdampak lockdown.

Dalam menanggulangi wabah virus corona atau Covid-19, pemerintah Malaysia memutuskan untuk megisolasi total wilayahnya atau lockdown. Warga Indonesia yang bekerja maupun kuliah di Negeri Jiran ikut terdampak kebijakan dari negara federal tersebut.

"Kogabwilhan I dengan Angkatan Laut akan menggerakan KRI-KRI, yang saat ini KRI yang sudah stand by di Batam," kata Yudo dalam jumpa pers live streaming di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Jumat (3/4/2020).
Yudo menjelaskan, KRI itu sebagai upaya pembuktian bahwa negara hadir untuk para pekerja migran. Saat ini, pihaknya juga sedang menyiapkan beberapa strategi penjemputan tersebut.

"Bahwasanya kemarin banyak migran dari Malaysia yang akan kembali ke Indonesia. Kogabwilhan 1 juga sudah mengkoordinir untuk pelaksanaan pemulangan," ucap Yudo.

KRI tersebut saat ini telah menunggu di perairan Batam, Kepulauan Riau. Tak hanya itu, KRI itu juga akan siap mengangkut para TKI ke tanah air khususnya.

Sumber : Okezone.com :