Kades Muara Emat Kerinci Jasman Mundur !! Warga Buka Pemblokiran Jalan Kerinci-Merangin



KERINCI - Rabu (19/10) warga Desa Muara Emat, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci melakukan aksi pemblokiran jalan dengan membuat palang kayu di tengah jalan lintas Kerinci -Merangin.

Kini pemblokiran jalan tersebut telah dibuka, kendaraan pun sudah bisa melintas. Pemblokiran dibuka sejak Rabu malam setelah tuntutan warga dipenuhi. Hal itu dibenarkan oleh Kapolres Kerinci AKBP Patria Yuda Rahadian dikonfirmasi, Kamis (20/10) pagi.

Ia mengatakan aksi pemblokiran jalan merupakan bentuk aspirasi warga agar tuntutan warga supaya Kepala Desa Muara Emat mundur dari jabatannya, karena dinilai warga banyak melakukan tindakan yang bertentangan dengan hukum.

"Adanya pemblokiran tersebut kita langsung melakukan pendekatan dialogis dengan warga yang melakukan aksi pemblokiran jalan serta untuk menghidari konflik antara warga Desa Muara Emat dengan pengguna jalan," kata Kapolres.

Disampaikannya, dari hasil pedekatan dialogis dan koordinasi, bahwa menurut warga Kepala Desa Muara Emat sudah tidak pantas lagi menjabat Kepala Desa Muara Emat, Karena telah banyak mengecewakan warga Desa Muara Emat.



"Di kantor camat setelah diadakan pertemuan, Kades Desa Muara Emat bersedia membuat surat penyerahan jabatannya," ungkapnya.

Surat penyerahan jabatan Kades tersebut ujarnya, kemudian dibacakan dihadapkan massa aksi. Massa yang mendengarkan hal itu akhirnya membuka pemblokiran.  "Tadi malam pemblokiran dibuka. Arus lalu lintas susah lancar," jelasnya.

Kapolres Kerinci AKBP Patria Yuda Rahadian menambahkan, bahwa setiap ada kegiatan masyarakat dalam bentuk apapun wajib adanya kehadiran Polisi untuk berkoordinasi dan dialogis guna mengamankan kegiatan tersebut agar tidak terjadi konflik di masyarakat,

"Kehadiran Anggota Polres Kerinci dan Polsek Batang Merangin untuk menciptkan situasi Kamtibmas di wilayah Batang Merangin agar tetap aman dan terkendali," pungkasnya.


Sumber : Tribunjambi.com