Dua Desa Gelar Deklarasi Tolak Aktivitas PETI di Bungo


Bungo - Setelah sepakat, warga Desa Baru Pelepat dan Desa Batu Kerbau Kabupaten Bungo menggelar deklarasi menolak aktifitas Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah desa tersebut. 

"Setelah deklarasi tingkat kabupaten, kami lanjutkan untuk tingkat desa segera mungkin harus dilakukan, bila perlu dalam waktu dekat akan dibentuk Satuan Petugas (Satgas) khusus yang melibatkan warga desa untuk melakukan pengawasan dan kontrol terhadap praktek PETI," tegas Holid Rio Desa Baru Pelepat.
Dikatakan Holid kesepakatan untuk menolak keras PETI untuk deklarasi baru dilakukan dua desa yakni desa Baru Pelepat dan desa Batu Kerbau yang sejarahnya dibawah naungan Datuk Senario Putih.

Yang mana kata dia, dua desa ini memang mengedepankan adat istiadat yang kuat, tidak ingin adanya kerusakan lingkungan di desa akibat dari aktivitas PETI tersebut.
"Aktivitas PETI tidak akan mengguntungkan  warga dan keluarga, yang ada jika tersandung kasus hukum tentu yang diproses hukum susa. Keluarga yang diluar turut susah. Jadi saya minta warga desa tidak lagi tergiur dengan iming-iming penghasilan dari aktivitas Illegal tersebut," papar Rio Desa Baru Pelepat.

Untuk keseriusan pembenatasan PETI agar terlaksana dengan yang direncakan, besar harapan pemerintah dapat membantu Satgas tingkat desa yang kedepan akan dikukuhkan dengan melibatkan beberapa warga desa.
" Untuk membentuk Satgas itu, kami tentu membutuhkan dana. Untuk itu perlu perhatian pemerintah untu membantu dana pengukuhan nantinya. Namun sejauh ini upaya sebatas himbauan kepada masyarakat terus gencar dilakukan. Jangan lagi masyarakat tergiur dan kedepan akan tersandung proses hukum,' tuturnya.

Disinggung terkait solusi pengalihan kerja  bagi warga yang sebelumnya terlibat PETI,
Holis mengaku jika pengalihan kerja pembahasan  belum sejauh itu, Yang terpenting bagi dia, warga sepakat menolak aktifitas PETI, satu sama lainnya wajib melakukan pemberitahuan dan himbauan untuk tidak terlibat aktifitas tambang liar tersebut.

Dia pun berharap dengan dilakukan deklarasi desa Baru Pelepat dan desa Batu Kerbau menjadi contoh bagi desa lainnya," Dua desa ini adalah kawasan konservasi, jadi wajib dijaga kelestarian alamnya agar tidak terjadi kerusakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab," pungkas Holis.(Portaltebo.id)