Inilah 5 Cara Mengosongkan Penyimpanan Android yang Penuh

Ilustrasi ponsel Android. [Shutterstock

Tutorial - Ada banyak penyebab penuhnya ruang penyimpanan dalam ponsel Android, seperti sistem operasi besar, foto dan video, aplikasi yang berisi file besar, apikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan, hingga pembaruan aplikasi utama.

Jika pengguna Android kehabisan ruang penyimpanan dan perlu terus-menerus mengelolanya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.
Dilansir dari Make Tech Easier, berikut lima cara mengosongkan ruang penyimpanan Android yang penuh: 

1. Manajer penyimpanan default
Perangkat Android memiliki alat "ruang kosong" built-in yang dapat digunakan untuk meningkatkan penyimpanan.
Pertama, buka Pengaturan pada ponsel > pilih Device Care > pilih Penyimpanan > pengguna akan melihat informasi tentang ruang penyimpanan yang tersedia, ruang yang digunakan, dan berbagai kategori data pada perangkat > ketuk tiga titik vertikal di bagian atas layar > lihat Analisis Penyimpanan dan Pengaturan Penyimpanan.
Dalam Analisis penyimpanan, gangguan penggunaan Penyimpanan Internal, file duplikat, file besar, dan file yang tidak digunakan akan terlihat. Pilih kategori yang diinginkan untuk menghapus.
Cara ini mungkin berbeda-beda di setiap perangkat Android. Beberapa perangkat dan versi Android lainnya memiliki opsi "Free Up Space" dan opsi seperti Hapus Item yang memungkinkan pengguna membersihkan file media setelah mencadangkannya.

Dalam Analisis penyimpanan, gangguan penggunaan Penyimpanan Internal, file duplikat, file besar, dan file yang tidak digunakan akan terlihat. Pilih kategori yang diinginkan untuk menghapus.
Cara ini mungkin berbeda-beda di setiap perangkat Android. Beberapa perangkat dan versi Android lainnya memiliki opsi "Free Up Space" dan opsi seperti Hapus Item yang memungkinkan pengguna membersihkan file media setelah mencadangkannya.

Jika pengguna ingin mengetahui lebih lanjut tentang aplikasi tertentu, buka Pengaturan > Aplikasi > pilih nama aplikasi untuk untuk mengetahui ukuran, penyimpanan yang digunakan oleh data pengguna, dan ruang penyimpanan yang digunakan oleh cache.

Pilih Penyimpanan > pilih opsi Clear Storage dan Clear Cache untuk aplikasi tertentu.
Sebagai catatan, pengguna lebih baik membersihkan cache daripada mempersihkan penyimpanan atau storage karena itu mungkin secara tidak sengaja dapat menghapus file atau data penting sekaligus.

2. Periksa aplikasi di perangkat Android
Aplikasi sering menggunakan banyak ruang penyimpanan di perangkat.
Seringkali ketika mengunduh aplikasi, ada kecenderungan untuk tidak menghapusnya jika tidak digunakan pada saat itu dengan pikiran bahwa mungkin aplikasi itu akan digunakan suatu saat nanti.
Pengguna dapat menghemat banyak ruang dengan menghapus aplikasi yang tidak pernah digunakan, jarang digunakan, atau tidak digunakan selama berbulan-bulan.

Untuk menghapus aplikasi, buka Play Store > menu tiga garis horizontal di kiri atas layar > ketuk Aplikasi & Game Saya > pilih Installed > pilih opsi Di Perangkat Ini dan ketuk ikon di sisi kanannya yang memungkinkan pengguna untuk mengurutkan daftar aplikasi > pilih Terakhir Digunakan.

3. Gunakan File Manager
Perangkat Android pengguna mungkin memiliki file yang tidak diinginkan, duplikat, atau kadaluwarsa yang memonopoli ruang penyimpanan.
Manajer file dapat membantu pengguna melihat folder file yang mengambil banyak ruang pada perangkat dan apa isi dari folder tersebut.

Selain itu, beberapa pengelola file dapat membantu pengguna menemukan dan menghapus file yang menghabiskan penyimpanan, seperti file dengan ukuran sangat besar, file duplikat, dan file sampah.
Di sini pengguna akan melihat aplikasi apa saja yang baru saja digunakan dan dapat menemukan aplikasi yang sudah lama tidak digunakan.

4. Unggah file media ke cloud
File dan video adalah salah satu penyebab utama penuhnya ruang penyimpanan.
Alih-alih menghapusnya secara permanen untuk mengosongkan ruang penyimpanan, pengguna dapat memindahkannya ke layanan penyimpanan cloud.

Untuk pengguna Android, foto dapat diunggah ke Google Photo. Pengguna dapat mulai mencadangkan foto ke layanan Google tersebut dan menambahkan ruang kosong di ponsel.
Sementara untuk file musik, pengguna dapat mengunggahnya ke Google Play Music daripada menyimpannya di ponsel atau streaming melalui koneksi internet.
5. Gunakan kartu microSD
Jika pengguna masih membutuhkan lebih banyak ruang kosong, pengguna dapat menggunakan kartu microSD untuk memberikan ruang penyimpanan ekstra.
Sayangnya, tidak semua smartphone kekinian dilengkapi dengan slot kartu microSD.
Jika ponsel pengguna masih menyediakan slot kartu, pengguna dapat memanfaatkannya sebagai penyimpanan internal atau portabel.
Jika kartu penuh, sambungkan ponsel ke komputer untuk memindahkan file di kartu.

Sumber : Suara.com