Pemkab Kerinci dan Pemkot Sungaipenuh, Duduk Bersama Tangani Pencegahan Covid-19


KERINCI,- PJ - Guna membahas terkait pencegahan dan penanganan Virus Corona (Covid-19), Pemkab Kerinci dan Pemkot Sungai Penuh, gelar rapat koordinasi diruang Wakil Bupati Kerinci, Rabu (1/4).
 
Rapat bersama tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Kerinci Ami Taher, dan dihadiri Sekda Sungai Penuh Munasri, penjabat Sekda Kerinci Gazdinul Gazam, serta sejumlah pejabat lingkup Pemkab Kerinci dan lingkup Pemkot Sungai Penuh.
 
Wakil Bupati Kerinci Ami Taher mengatakan bahwa rapat koordinasi dilaksanakan gugus tugas Covid-19 kota Sungai Penuh dengan Pemkab Kerinci ini dihadiri sejumlah pejabat Kota Sungai Penuh dan Pemkab Kerinci.
 
“Ada banyak hasil yang diperoleh dalam rapat koordinasi, beberapa diantaranya dalam penanganan ODP dan PDP Pemkab Kerinci dan Pemkot Sungai Penuh saling berbagi informasi,”sebutnya.
 
Ditambahkan wabup Ami Taher, Rumah Sakit MHA Thalib Kerinci disiapkan, serta Posko pemantauan di perbatasn daerah masing-masing diberdayakan untuk mendeteksi dan memeriksa para warga yang masuk ke Kerinci maupun Kota Sungai Penuh.
 
“Nanti akan dibentuk tim kecil Kota dan Kabupaten, sekalian merancang MoU. Kita punya skenario, baik kota maupun Kabupaten telah menyiapkan anggaran Rp 5 Milyar untuk atasi Covid-19,”ucapnya.
 
Untuk Rumah Sakit sendiri, lanjutnya tidak harus pasien Positif Covid 19 dirujuk ke Jambi.
 
“Jika kondisi pasien tanpa gejala bisa dirawat di rawat di RSUD MHAT Kerinci dan memantaunya secara online,” sebutnya.
 
Sementara itu, Sekda kota Sungai Penuh, Munasri mengatakan pemkot sudah menyiapkan RS H.Bakri untuk menangani Covid-19 dengan kapasitas Lima ruangan, 15 tempat tidur bagi pasien.
 
“Kita tetap bekerjasama dengan RS MHA Thalib Kerinci. Pemkot Sungai Penuh sudah membuat skenario tentang anggaran yang dibutuhkan untuk penanganan covid, yang jelas kita bekerjasama dengan Pemkab Kerinci,” jelasnya.