Dua Kerbau Hanyut, Banjir di Lempur Kerinci Rendam Ratusan Rumah



KERINCI - Hujan deras yang menguyur Kabupaten Kerinci pada Minggu (30/10/2022) membuat sungai dan drainase di Kecamatan Gunung Raya meluap. Ratusan rumah terendam.

Warga setempat mengungkapkan, hujan menguyur Gunung Raya sejak siang hingga pukul 18.00 WIB sore. “Sejumlah rumah diterjang banjir, jalan-jalan digenangi air,” kata Daswarsya, warga Lempur.

Ia mengatakan, banjir paling parah terjadi di Desa Lempur Tengah. Air masuk ke rumah warga hingga setinggi paha orang dewasa. 

Zacky, warga Lempur Tengah, mengatakan bahwa jumlah rumah terendam mencapai ratusan. “Air menggenang setinggi 1,5 meter. Ada juga dua ekor kerbau warga terbawa arus,” sebutnya.

Dia menyebutkan, ada kemungkinan banjir kali ini lebih besar kerena kawasan hutan di bagian hulu sungai habis dibabat, seperti di hulu Sungai Batang Paruh, hulu Lubuk Pasang dan di Padang Uwi.

“Bulan ini saja Lempur sudah tiga kali diterjang banjir,” ungkapnya.  Zacky menyebutkan, Sungai Lempur juga sudah mengecil dan memerlukan pelebaran. 

Sekcam Gunung Raya Arsidal mengatakan banjir bandang di wilayah Lekuk Lima Tumbi, Lempur, disebabkan luapan sungai.

“Intensutas hujan di hulu sungai lebih tinggi memperparah banjir. Rumah warga sepanjang aliran sungai tergenang setinggi pinggang orang dewasa,” sebutnya.

Dia menyatakan masih mendata jumlah rumah yang terendam banjir dan warga yang mengungsi. “Sampai malam ini banjir masih merendam rumah warga," pungkasnya.


Sumber : Metrojambi.com