Semburkan Abu Kelabu 900 M Gunung Kerinci Kembali Erupsi

 


KERINCI - Gunung Kerinci pada Rabu (11/1/2023) pagi sekitar pukul 05:46 WIB kembali mengalami erupsi.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Kerinci, Irwan membenarkan bahwa pagi ini aktivitas Gunung Kerinci kembali meningkat dengan mengeluarkan abu berwarna kelabu dengan ketinggian 900 meter di atas puncak.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 3 mm dan durasi sementara ini ± 8 menit 20 detik," kata Irwan.

Ia menyebutkan pada seismik terekam tremor menerus, sampai saat ini erupsi masih berlangsung. "Saat ini Gunung Kerinci berada pada Status Level II (Waspada)," ujarnya.

Lebih lanjut, Irwan mengatakan pihaknya merekomendasi agar masyarakat di sekitar Gunung Kerinci dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan melakukan pendakian dalam radius 3 km dari kawah aktif (masyarakat dilarang beraktifitas dalam radius bahaya/KRB III).

"Sebaiknya jalur penerbangan di sekitar Gunung Kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan," tutupnya.


Sumber : Metrojambi.com